Uncategorized

7 cara untuk menghindari rambut rontok

Dua pertiga pria dipengaruhi oleh pola kebotakan pria, dengan 40% mengalami kerontokan rambut pada usia 35 tahun, tetapi ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencoba mencegahnya.

  • Pertimbangkan obat resep

Ada dua obat yang disetujui secara klinis untuk mencegah kerontokan rambut lebih lanjut – finasteride dan minoksidil. Finasteride bekerja dengan cara menghambat hormon dihidrotestosteron (DHT), yang menyebabkan folikel rambut menyusut dan akhirnya rontok, sementara minoksidil meningkatkan aliran darah dan penyerapan nutrisi ke folikel. Kedua perawatan juga dapat menyebabkan beberapa rambut tumbuh dan sehat kembali, tetapi termasuk risiko efek samping. Finasteride telah ditemukan menyebabkan disfungsi ereksi dan penurunan libido pada sekitar 1 dari 31 pria, sedangkan minoksidil dapat menyebabkan iritasi kulit dan reaksi alergi.

  • Gunakan sisir laser

Selain finasteride dan minoxidil, sisir laser adalah satu-satunya perawatan rambut rontok yang telah mendapat persetujuan FDA. (Di Inggris, obat-obatan dan sisir harus dibayar secara pribadi karena tidak tersedia di NHS.) Sebuah studi tahun 2014 terhadap 103 pria dengan pola rambut rontok menemukan peningkatan yang signifikan dalam kepadatan rambut setelah 26 minggu menggunakan laser sisir di kulit kepala tiga kali seminggu. Cara kerja sisir yang tepat belum sepenuhnya dipahami, tetapi diduga bahwa laser berkekuatan rendah memiliki efek antioksidan pada folikel rambut.

  • Ganti produk rambut Anda

Ada beberapa bukti bahwa banyak gel dan produk penataan rambut lainnya dapat menyebabkan kerontokan rambut, karena bahan kimia di dalam produk ini tetap berada di kulit kepala dan terperangkap di folikel, sehingga mencegah rambut muncul ke permukaan. Hindari penggunaan gel rambut yang berlebihan dan coba produk penataan rambut yang lebih alami, yang mengandung lebih sedikit bahan kimia.

  • Hindari mandi air panas

Mandi air yang terlalu panas dapat menyebabkan kerusakan pada kulit kepala dengan menghilangkan minyak esensial yang membantu melindunginya, menyebabkan kekeringan dan peradangan. Tidak ada bukti langsung bahwa mandi air panas menyebabkan kerontokan rambut, tetapi beberapa percaya bahwa peradangan kulit kepala dapat mengakibatkan miniaturisasi folikel rambut dan rambut menipis.

  • Ganti ke sampo anti-DHT

DHT adalah penyebab utama kerontokan rambut, dan beberapa sampo dapat membantu mengatasi hal ini. Cari produk yang mengandung 1-2% ketoconazole, obat yang menghalangi konversi testosteron menjadi DHT, seperti halnya finasteride. Namun, karena penggunaan ketokonazol terbatas pada kulit kepala, tidak memiliki risiko efek samping seksual negatif yang sama.

  • Cobalah pijat kulit kepala

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa pijat kulit kepala berpotensi meningkatkan kepadatan rambut dengan meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala dan folikel rambut, serta meningkatkan aktivitas gen yang dikenal dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Manfaat tambahannya adalah pijatan membantu menurunkan tingkat stres, faktor lain yang berkaitan dengan rambut rontok.

  • Jalani transplantasi

Jika Anda sudah mengalami kerontokan rambut yang signifikan, transplantasi mungkin merupakan pilihan terbaik Anda. Sebelum rambut rontok, kita memiliki sekitar 100.000 rambut; setidaknya dibutuhkan 25.000 untuk memberikan tampilan rambut yang relatif lengkap. Proses transplantasi melibatkan pengambilan folikel rambut dari daerah “donor” yang tahan DHT di bagian belakang dan samping kepala, dan mencangkokkannya ke kulit kepala. Ada banyak teknik transplantasi rambut yang berbeda, tetapi beberapa metode yang lebih baru menggunakan sel induk rambut untuk merangsang pertumbuhan kembali di area donor, memungkinkan transplantasi berulang jika perlu. Itu ada di dalam gen Anda

Sama seperti warna rambut dan garis rambut Anda, gen Anda sering kali menentukan apakah Anda akan mengalami rambut menipis. Mitos bahwa Anda mewarisi gen rambut rontok dari ayah ibu Anda. “Ada banyak penyebab genetik. Wanita cenderung mengembangkan garis bagian mereka yang melebar dan rambut menipis di bagian atas kepala, tetapi biasanya tidak sepenuhnya kehilangan rambut seperti yang dialami pria. ” Anda dapat membantu membendung gelombang kerontokan rambut dengan mengurangi stres, menghindari gaya rambut yang sangat ketat (kuncir kuda, kepang) yang berkontribusi pada kerontokan rambut, dan makan makanan kaya nutrisi, tetapi setelah rambut hilang, pilihan terbaik Anda mungkin adalah kamuflase. “Dalam situasi di mana tidak ada perawatan, wanita dapat menyembunyikan bintik-bintik kebotakan atau penipisan dengan mengubah gaya rambut mereka atau mengenakan topi, ikat kepala, dan syal. “Tapi solusi jangka panjangnya adalah riasan permanen, seperti perawatan Hairline Rescue kami, di mana kami menciptakan kembali tampilan helai rambut dari setiap guratan.” Perawatannya seperti tato semi permanen yang bertahan sekitar 18 bulan.